Implementasi Cost Leadership Strategy Dalam Rangka Menciptakan Harga Produk Batik Tulis Warna Alam Terjangkau

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Titik Kusmantini
Hendri Gusaptono
Darban Haryanto
Naila Kamalia

Abstract

Penelitian ini menggunakan pendekatan induktif, karena topik penelitian adalah tentang strategi maka pilihan pendekatan induktif digunakan untuk meningkatkan pemahaman atas praktik strategi kepeloporan biaya (Cost Leadership Strategy) yang diperkuat dengan kemampuan di bidang produksi untuk memangkas segala hal yang sifatnya boros (Lean Production). Penyelidikan dan pengamatan dilakukan pada produsen batik tulis warna alam yang tersebar di tiga desa mitra dampingan PPDM (Program Pendampingan Desa Mitra-Hibah Pengabdian Masyarakat Kemendikti) yakni Desa Triharjo, Trimulyo dan Wukirsari di Kabupaten Bantul. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara mendalam (indeph interview) dengan beberapa informan kunci dan untuk meningkatkan validasi hasil penelitian digunakan teknik triangulasi dengan menambah informan dari tim ahli. Hasil penelitian tentang gangguan proses produksi yang dapat menghambat implementasi strategi kepeloporan biaya terdapat disimpul hulu dan hilir. Gangguan di simpul hulu adalah (1) pasokan bahan baku pewarna alami sering terkendala; (2) kemampuan mengolah limbah batik baik limbah padat dan cair belum maksimal; (3) Alur proses produksi belum ditaati sepenuhnya dan (4) kepatuhan standar kualitas meliputi standar penggunaan bahan baku dan standar waktu penyelesaian proses produksi yang masih lemah. Sementara gangguan di simpul hilir adalah (1) terjebak konsinyasi dagang yang tidak menguntungkan; (2) upaya promosi kurang; (3) kesadaran akan merek sebagai produk ramah lingkungan (green product) minim. Solusi transfer Iptek dan Teknologi Tepat Guna (TTG) yang telah diberikan: (1) TTG ekstraksi; (2) TTG pengolahan limbah batik skala rumah tangga; (3) Edukasi tentang keselarasan kualitas; (5) inkubasi koperasi; (6) Pendampingan manajemen profesional melalui praktik manajemen persediaan berbasis bar code; (7) Sosialisasi Sertifikasi Batik Mark.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Titik Kusmantini, Hendri Gusaptono, Darban Haryanto, & Naila Kamalia. (2019). Implementasi Cost Leadership Strategy Dalam Rangka Menciptakan Harga Produk Batik Tulis Warna Alam Terjangkau. Prosiding Online Seminar Nasional Batik Dan Kerajinan, 1(1), A9. Retrieved from https://proceeding.batik.go.id/index.php/SNBK/article/view/32