Peran Perpustakaan Balai Besar Kerajinan Dan Batik Dalam Melestarikan Batik

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Ivone De Carlo

Abstract

Pelestarian batik tidak hanya dilakukan secara konvensional oleh pemerhati atau pelaku usaha batik.  Perkembangan teknologi telah mengantarkan perpustakaan turut berperan dalam pelestarian batik.  Perpustakaan Balai Besar Kerajinan dan Batik (BBKB) berdasarkan jenis termasuk perpustakaan khusus.  Perpustakaan khusus diselenggarakan menurut  Standar Nasional Perpustakaan  Khusus yang tercantum dalam Peraturan Kepala Perpustakaan Nasional (Perka Perpusnas) no 14 Tahun 2017.  Salah satu butir yang tertuang dalam Perka tersebut adalah koleksi perpustakaan dikembangkan sesuai dengan kepentingan pemustaka dengan memperhatikan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. Pengembangan koleksi perpustakaan BBKB dilakukan berdasarkan kebijakan pengembangan koleksi yang meliputi seleksi, pengadaan, dan  penyiangan.  Pengadaan koleksi dilakukan dengan  pembelian, hadiah,  dan terbitan sendiri.  Pengadaan koleksi melalui pembelian dan mengumpulkan terbitan sendiri telah berperan dalam melestarikan batik.  Hal ini terlihat melalui studi literatur dan studi lapangan. Pengembangan koleksi secara pembelian menghasilkan buku-buku yang tujuan penulisannnya adalah untuk melestarikan batik.  Demikian juga dengan isinya. Isi buku mengenai batik dalam kehidupan juga merupakan salah satu cara melestarikan batik.  Karena hal ini selaras dengan salah satu dasar penetapan batik sebagai warisan budaya tak benda yaitu keseharian.  Pengumpulan terbitan sendiri juga melestarikan batik.  Hal ini terkait  dengan dimanfaatkannya koleksi tersebut bagi pemustaka yang tertarik untuk membuat batik dan pelaku usaha.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Ivone De Carlo. (2019). Peran Perpustakaan Balai Besar Kerajinan Dan Batik Dalam Melestarikan Batik. Prosiding Online Seminar Nasional Batik Dan Kerajinan, 1(1), C6. Retrieved from https://proceeding.batik.go.id/index.php/SNBK/article/view/26