Kevalidan Video Pembelajaran Sebagai Media Belajar Batik Tulis untuk Mahasiswa Validity of Learning Video for MediumLearningof Batik Tulis for Student Section Articles

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Hasnawati
Aulia Evawani Nurdin

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kevalidan video pembelajaran kriya batik untuk mahasiswa di Program Studi Pendidikan Seni Rupa Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar. Adapun jenis penelitian ini termasuk penelitian pengembangan atau research and development, yaitu mengembangkan video pembelajaran kriya batik dan mengetahui kevalidannya. Prosedur dalam penelitian ini adalah menganalisis kebutuhan, mengembangkan strategi pembelajaran, mengembangkan produk, video pembelajaran tahap awal, proses validasi, dan video pembalajaran tahap akhir. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis deskriptif kualitatif, yaitu mendeskripsikan kevalidan video pembelajaran batik agar dapat digunakan oleh mahasiswa Program Studi Pendidikan Seni Rupa Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa video pembelajaran batik yang telah dikembangkan untuk mata kuliah Kriya Bahan Sintetik dimulai dari tahap analisis kebutuhan, mengembangkan strategi pembelajaran dalam bentuk Rencana Pembelajaran Semester (RPS), mengembangkan produk yaitu video pembelajaran kriya batik yang meliputi pembuatan storyboard, mengumpulkan ilustrasi terkait dengan pola batik, teknik pembuatan karya batik, macam-macam karya batik, alat dan bahan yang digunakan dalam membuat karya batik, serta proses membatik. Selanjutnya, video pembelajaran yang telah dikembangkan divalidasi oleh ahli materi dan ahli media. Setelah dilakukan proses validasi, maka dilakukan revisi berdasarkan masukan dari validator dan dinyatakan bahwa video pembelajaran batik yang dikembangkan telah valid dan dapat digunakan oleh mahasiswa Program Studi Pendidikan Seni Rupa Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Hasnawati, & Aulia Evawani Nurdin. (2023). Kevalidan Video Pembelajaran Sebagai Media Belajar Batik Tulis untuk Mahasiswa. Prosiding Seminar Nasional Industri Kerajinan Dan Batik, 4(1), C.06 1-11. Retrieved from https://proceeding.batik.go.id/index.php/SNBK/article/view/203