PEMBELAJARAN BATIK DI PRODI PENDIDIKAN SENI RUPA FAKULTAS SENI DAN DESAIN UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR Batik Learning In The Fine Arts Education Program Of The Faculty Of Art And Design Makassar State University Section Articles

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Hasnawati Hasnawati

Abstract

ABSTRAK


Penelitian ini bertujuan untuk memecahkan permasalahan tentang rendahnya pemahaman mahasiswa dalam memahami konsep batik dan membuat desain batik. Secara khusus penelitian ini bertujuan untuk merancang bahan ajar pembelajaran batik untuk mahasiswa di Program Studi Pendidikan Seni Rupa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian research and developemant, yaitu mengembangkan materi untuk pembelajaran kriya bahan sintetik khususnya pembelajaran batik yang dapat digunakan oleh mahasiswa Program Studi Pendidikan Seni Rupa Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar. Data penelitian dikumpulkan melalui kegiatan: 1) observasi langsung pada proses perkuliahan dan mengkaji kurikulum, 2) wawancara secara langsung dengan mahasiswa untuk mengetahui kebutuhan mahasiswa dalam perkuliahan kriya bahan sintetik khususnya pada materi batik, dan 3) dokumentasi yaitu mendokumentasikan proses perkuliahan kriya batik. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kualitatif. Penelitian yang dilakukan ditemukan bahwa perancangan materi ajar untuk pembelajaran kriya batik melalui beberapa tahapan, yaitu: pertama dengan menganalisis kebutuhan mahasiswa Program Studi Pendidikan Seni Rupa Fakultas Seni dan Desain UNM, kedua mengkaji kurikulum dengan meninjau kembali rencana program semester yang telah dikembangkan, ketiga mengembangkan materi ajar dengan cara mengumpulkan berbagai macam materi terkait dengan seni kriya batik yang relevan untuk pembelajaran pada mahasiswa. Materi ajar yang dikembangkan disesuaikan dengan kurikulum dan Rencana Program Semester (RPS) mata kuliah. Diharapkan ada penelitian lanjutan agar dapat melihat kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan dari bahan ajar yang dikembangkan.


ABSTRACT


This research aims to solve the problem of low understanding of students in understanding the concept of batik and making batik designs. In particular, this research aims to design batik learning teaching materials for students in the Fine Arts Education Study Program. This type of research is research and development research, which is developing materials for learning synthetic materials, especially batik learning that can be used by students of the Fine Arts Education Study Program of the Faculty of Art and Design, Makassar State University. Research data is collected through activities: 1) direct observation of the lecture process and reviewing the curriculum, 2) interviews directly with students to find out the needs of students in synthetic materials, especially in batik materials, and 3) documentation that documents the batik craft lecture process. The data obtained is analyzed descriptively qualitatively. The research conducted found that the design of teaching materials for batik craft learning through several stages, namely: first by analyzing the needs of students of the Fine Arts Education Study Program of the Faculty of Arts and Design UNM, secondly reviewing the curriculum by reviewing the semester program plan that has been developed, thirdly developing teaching materials by collecting a variety of materials related to batik craft art that are relevant for learning in students. The teaching materials developed are tailored to the curriculum and Semester Program Plan (RPS) of the course. It is expected that there will be further research to see the validity, practicality, and effectiveness of the teaching materials developed.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

Author Biography

Hasnawati Hasnawati, Universitas Negeri Makassar

Universitas Negeri Makassar, Jl. A.P. Pettarani Makassar

How to Cite
Hasnawati, H. (2021). PEMBELAJARAN BATIK DI PRODI PENDIDIKAN SENI RUPA FAKULTAS SENI DAN DESAIN UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR. Prosiding Seminar Nasional Industri Kerajinan Dan Batik, 3(1), E.11 1-12. Retrieved from https://proceeding.batik.go.id/index.php/SNBK/article/view/148