PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BATIK BERBASIS APLIKASI CANVA Design of Batik Learning Media Based on Canva Application Section Articles

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Aulia Evawani Nurdin

Abstract

ABSTRAK


Masa pandemi saat ini dibutuhkan beragam media pembelajaran yang menarik dan mudah diakses mahasiswa pada saat mengikuti perkuliahan secara daring. Canva merupakan salah satu aplikasi yang dapat digunakan dalam perancangan media pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan Research and Development) yang bertujuan merancang media pembelajaran batik berbasis aplikasi canva yang valid. Validitas media pembelajaran ini dinilai oleh dua validator isi dan dua validator media. Data yang diperoleh dari para ahli dianalisis secara kualitatif menggunakan uji Gregory atau model kesepakatan interrater (antarahli yang menilai). Prosedur perancangan media pembelajaran ini mengacu pada model pengembangan Borg dan Gall. Prosedur perancangan ini terdiri atas studi pendahuluan dan pengembangan (pengembangan produk awal). Instrumen pengumpulan data berupa lembar wawancara, lembar observasi dan angket serta lembar penilaian. Teknik analisis data yang digunakan ialah data kuantitatif yang diperoleh dari angket kemudian diolah dan dikonversi ke dalam bentuk data kualitatif. Hasil perancangan media pembelajaran ini menunjukkan bahwa media pembelajaran batik berbasis aplikasi canva valid sehingga layak digunakan pada perkuliahan kriya bahan sintetik atau mata kuliah lainnya yang terkait dengan batik.


ABSTRACT


The current pandemic period requires a variety of interesting and easily accessible learning media for students when attending online lectures. Canva is an application that can be used in designing learning media. This research is a research and development research that aims to design a valid Canva application-based batik learning media. The validity of this learning media was assessed by two content validators and two media validators. The data obtained from the experts were analyzed qualitatively using the Gregory test or the interrater agreement model (between the experts who assess). This instructional media design procedure refers to the Borg and Gall development model. This design procedure consists of preliminary study and development (initial product development). Data collection instruments in the form of interview sheets, observation sheets and questionnaires and assessment sheets. The data analysis technique used is quantitative data obtained from questionnaires and then processed and converted into qualitative data. The results of this learning media design show that the Canva application-based batik learning media is valid so that it is suitable for use in synthetic material craft lectures or other subjects related to batik.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

Author Biography

Aulia Evawani Nurdin, Universitas Negeri Makassar

Pendidikan Seni Rupa Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar, Jl. Mallengkeri Makassar

How to Cite
Nurdin, A. E. (2021). PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BATIK BERBASIS APLIKASI CANVA . Prosiding Seminar Nasional Industri Kerajinan Dan Batik, 3(1), D.08 1-12. Retrieved from https://proceeding.batik.go.id/index.php/SNBK/article/view/132