PERANAN INOVASI PRODUK DAN E-COMMERCE TERHADAP PENINGKATAN KINERJA PEMASARAN BATIK JEPARA The Role of Product Innovation and E-Commerce in Improving Jepara Batik Marketing Performance Section Articles

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Ali Ali
Muhammad Imron
Hamdi Sari Maryoni
Hesti Nuraeni

Abstract

ABSTRAK


Batik Jepara merupakan produk yang bisa dikembangkan menjadi produk unggulan dan memiliki daya saing. Digital marketing merupakan salah satu strategi pemasaran yang dilakukan oleh IKM Batik Jepara untuk meningkatkan daya saing. Tujuan penelitian ini mengali pengembangan usaha IKM Batik Jepara. Metodelogi penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Tempat penelitian dilakukan di Jepara sebagai objek penelitian adalah IKM Batik Jepara. Kesimpulan Produk IKM Batik Jepara menggunakan strategi digital marketing dengan tetap mengikuti konsep strategi pemasaran untuk mengembangkan produk dan daya saing usaha dipasar. Segmentasi yang dilakukan tidak hanya berfokus kepada usia produktif tetapi kepada harga yang kompetitif bisa dijangkau oleh konsumen. Kualitas yang bisa bersaing dengan produk sejenis dipasar merupakan daya tarik lain produk ini sehingga produk ini mampu bersaing dipasar.


ABSTRACT


Jepara batik is a product that can be developed into a superior product and has competitiveness. Digital marketing is one of the marketing strategies carried out by IKM Batik Jepara to increase competitiveness. The purpose of this research is to explore the business development of Batik Jepara SMEs.. Descriptive research methodology using qualitative and quantitative approaches. The place where the research was conducted in Jepara as the object of research is IKM Batik Jepara. In conclusion, IKM Batik Jepara products use a digital marketing strategy while adhering to the concept of marketing strategy to develop products and business competitiveness in the market. The segmentation carried out not only focuses on productive age but also focuses on competitive prices that can be reached by consumers. Quality that can compete with similar products in the market is another attraction for this product so that this product is able to compete in the market.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

Author Biographies

Ali Ali, Universitas Islam Nahdatul Ulama Jepara

Universitas Islam Nahdatul Ulama Jepara (UNISNU Jepara) Jl.Taman Siswa, Pekeng, Jl. Kauman, Kec. Tahunan, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah 59451

Muhammad Imron, Universtitas Islam Nahdatul Ulama Jepara

Universitas Islam Nahdatul Ulama Jepara (UNISNU Jepara) Jl.Taman Siswa, Pekeng, Jl. Kauman, Kec. Tahunan, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah 59451

Hamdi Sari Maryoni, Universitas Pasir Pengairan (UPP)

Universitas Pasir Pengaraian (UPP) Jl.Tuanku Tambusai Jl. Raya Kumu, Rambah, Rambah Hilir, Kabupaten Rokan Hulu, Riau 28558

Hesti Nuraeni, Universitas Islam Nahdatul Ulama Jepara

Universitas Islam Nahdatul Ulama Jepara (UNISNU Jepara) Jl.Taman Siswa, Pekeng, Jl. Kauman, Kec. Tahunan, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah 59451

How to Cite
Ali, A., Imron, M., Maryoni, H. S., & Nuraeni, H. (2021). PERANAN INOVASI PRODUK DAN E-COMMERCE TERHADAP PENINGKATAN KINERJA PEMASARAN BATIK JEPARA. Prosiding Seminar Nasional Industri Kerajinan Dan Batik, 3(1), D.07 1-9. Retrieved from https://proceeding.batik.go.id/index.php/SNBK/article/view/131