STRATEGI MENUJU TRANSFORMASI DIGITAL LAYANAN JASA TEKNIS BALAI BESAR KERAJINAN DAN BATIK YOGYAKARTA Strategy Towards Digital Transformation of Technical Services Center for Handicraft and Batik Yogyakarta Section Articles

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Joni Setiawan
Juwarso Juwarso
Paras Trapsiladi
Hadi Nugroho

Abstract

ABSTRAK


Balai Besar Kerajinan dan Batik (BBKB) yang merupakan lembaga yang melayani jasa industri bidang kerajinan dan batik yang mempunyai pelanggan di seluruh Indonesia, membutuhkan cara pelayanan yang lebih efektif dan efisien. Tranformasi digital sebagai salah satu upaya lembaga menuju  arah tersebut. Untuk melaksanakan transformasi digital (TD), diperlukan strategi yang menyeluruh meliputi people, structure, technology dan process. Oleh karena itu dibutuhkan analisis untuk merumuskan strategi menuju transormasi digital bagi BBKB. Tujuan penelitian ini merumuskan strategi TD bagi BBKB. Asesmen kesiapan BBKB menggunakan INDI 4.0. Hasil asesmen mandiri didapatkan bahwa BBKB mencapai nilai kesiapan 2,33 (kesiapan sedang), dengan rincian nilai tiap – tiap pilar adalah manajemen dan organisasi 2,5; orang dan budaya 3,11; produk dan layanan 3,50; teknologi 1,25; operasi perusahaan 1,75. Berdasarkan hasil asesmen disimpulkan bahwa BBKB harus menyusun strategi guna meningkatkan terutama pada pilar teknologi dan operasi perusahaan.


ABSTRACT


The Center for Handicrafts and Batik (CHB), which is an institution that serves industrial services in the handicraft and batik sector, which has customers throughout Indonesia, requires a more effective and efficient way of service. Digital transformation is one of the institution's efforts towards that direction. To carry out digital transformation (DT), a comprehensive strategy is needed including people, structure, technology and process. Therefore, analysis is needed to formulate a strategy towards digital transformation for CHB. The purpose of this study is to formulate a digital transformation strategy for CHB. Assessment of CHB readiness using INDI 4.0. The results of the independent assessment found that BBKB reached a readiness score of 2.33 (moderate readiness), with details of the value of each pillar being management and organization 2.5; people and culture 3.11; 3.50 products and services; technology 1.25; operating company 1.75. Based on the results of the assessment, it was concluded that CHB must develop a strategy to improve, especially in the technology pillars and the company's operations.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Setiawan, J., Juwarso, J., Trapsiladi, P., & Nugroho, H. (2021). STRATEGI MENUJU TRANSFORMASI DIGITAL LAYANAN JASA TEKNIS BALAI BESAR KERAJINAN DAN BATIK YOGYAKARTA. Prosiding Seminar Nasional Industri Kerajinan Dan Batik, 3(1), D.06 1-14. Retrieved from https://proceeding.batik.go.id/index.php/SNBK/article/view/128