SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW: INOVASI PRODUK BATIK UNTUK MENCAPAI KEUNGGULAN KOMPETITIF PADA USAHA KECIL DAN MENENGAH (UMKM) Systematic Literature Review: Batik Product Innovation to Achieving Competitive Advantage in Small and Micro Medium Enterprises (MSMEs) Section Articles

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Novia Shelly R N
Haryadi Sarjono

Abstract

ABSTRAK


Batik merupakan salah satu ciri khas budaya bangsa Indonesia. Salah satu ciri khasnya adalah cara penggambaran motif pada kain yang menggunakan proses pelekatan malam, yaitu menggoreskan malam (lilin) yang ditempatkan pada wadah bernama canting dan cap. Pertumbuhan produk kreatif batik juga seiring dengan semakin meluasnya fashion dan gaya hidup. Dengan adanya inovasi produk, diharapkan UMKM mampu meningkatkan keunggulan kompetitifnya agar dapat bersaing di pasar lokal maupun global. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Systematic Literature Review (SLR). Hasil dari penelitian ini adalah dengan adanya inovasi produk yang baru, UMKM diharapkan mampu meningkatkan kemampuannya dalam keunggulan bersaing demi mempertahankan dan mempromosikan produknya secara global.


ABSTRACT


Batik is one of the characteristics of Indonesian culture. One of its characteristics is the way of depicting motifs on fabrics using the process of sticking the night, namely scratching the wax (wax) which is placed in a container called canting and stamp. The growth of batik creative products is also in line with the increasingly widespread fashion and lifestyle. With product innovation, it is hoped that MSMEs will be able to increase their competitive advantage in order to compete in local and global markets. The method used in this research is Systematic Literature Review (SLR). The result of this research is that with new product innovations, MSMEs are expected to be able to improve their capabilities in competitive advantage in order to maintain and promote their products globally.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

Author Biographies

Novia Shelly R N, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bisnis Indonesia

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bisnis Indonesia, Jakarta Barat, Indonesia, 11560

Haryadi Sarjono, Bina Nusantara University

BINUS Business School Undergraduate, Bina Nusantara University, Jakarta, Indonesia, 11480

How to Cite
Shelly R N, N., & Sarjono, H. (2021). SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW: INOVASI PRODUK BATIK UNTUK MENCAPAI KEUNGGULAN KOMPETITIF PADA USAHA KECIL DAN MENENGAH (UMKM). Prosiding Seminar Nasional Industri Kerajinan Dan Batik, 3(1), B.07 1-10. Retrieved from https://proceeding.batik.go.id/index.php/SNBK/article/view/108