ANALISIS VISUAL BATIK BERMOTIF UKIR JEPARA MENGGUNAKAN LIMA PRINSIP DESAIN Visual Analysis Of Jepara Carved Batik Using Five Design Principles Section Articles
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
ABSTRAK
Jepara selain terkenal sebagai “kota ukir” kayu, juga memiliki industri kreatif yang lainnya salah satunya adalah batik. Batik Jepara memiliki corak yang khas berbeda dari motif daerah lain. Hal ini menarik untuk diteliti, terutama motif batik yang sumber inspirasinya dikembangkan dari motif ukiran kayu. Penelitian ini bertujuan menganalisis visual dari batik motif ukir Jepara. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif-kualitatif dengan analisis menggunakan 5 (lima) prinsip desain, yaitu; kesatuan (unity), keseimbangan (balance), ritme (rhytm), penekanan (emphasis), dan proporsi (proportion). Hasilnya yaitu; (1) Motif ukir batik Jepara memiliki corak yang unik karena dikembangkan dari ragam hias ukiran kayu khas Jepara; (2) Batik motif ukir Jepara disusun dari unsur-unsur visual yang disusun menjadi kesatuan motif hias yang harmonis menggunakan prinsip-prinsip desain untuk menghasilkan motif yang indah dan khas.
ABSTRACT
Jepara is not only known as the “city of wood carving”, but also has other creative industries, one of which is batik. Jepara batik has a distinctive style that is different from other regional motifs. This is interesting to study, especially batik motifs whose source of inspiration was developed from wood carving motifs. This study aims to analyze the visuals of Jepara carved batik motifs. The research method used is descriptive-qualitative method with analysis using 5 (five) design principles, namely; unity, balance, rhythm, emphasis, and proportion. The results are; (1) The Jepara batik carving motif has a unique style because it was developed from a typical Jepara wood carving ornament; (2) Jepara carved batik motifs are composed of visual elements that are arranged into a harmonious decorative motif using design principles to produce distinctive decorative motifs.